Passion

Setting: salah satu kelas waktu gue masih di foundation menjelang kuliah dan lagi membahas masalah “Passion”. 

Teacher: Do you know what is passion? And what is your passion?

Gue: my passion is cooking. “Gue menjawab dengan cepat, tanpa banyak pikir panjang”

whole class was laughing at me. HA!

Apa yah yang salah dengan masak? Saat itu gue ngerasa, ih, kok diketawain? dan gue jujur, amat sangat malu diketawain sama temen2. Apalagi semua temen baru, dan gue satu-satunya orang Indonesia di kelas saat itu. Tapi seiring dgn jalannya waktu, gue bangga dengan passion gue, dan gue happy karena gue tau apa yang gue suka dalam hidup gue.

Waktu interview masuk kerja, salah satu pertanyaan dari yang interview (yang ternyata adalah CEOnya) adalah:

What is your hobby?

dan lagi, gue jawab dengan yakin COOKING. Orang itu ketawa saat itu, tapi setelah gue diterima kerja, gue jadi sekretaris Beliau, dan saat ada chance ngobrol berdua sama boss gue, salah satu nilai plus gue karena gue punya hobby yang sama dengan dia, dan gue bisa jawab dengan confident. See? Nothing is wrong sama kegemaran memasak kan?

Dulu kecil, kalo masuk dapur pasti diomelin sama mama dan my nanny. Tapi gue selalu hobby curi2 masuk ke dapur, ngegeratak. Waktu sodara2 yang lain dihukum ikut kerja ke pabrik atau bersih2 rumah, gue milih dihukum buat masak aja. Hukuman yang gue suka tentunya🙂 Sampe kuliah pun, kalo mama lagi mampir ngeliatin anak2nya, mama suka ngomel “Aduh, anak mama ini kuliah finance apa masak sih? Kok bukunya lebih banyak buku resep?”

Hehehe. Gitu deh, Mam. tapi dulu kan dengan uang saku terbatas, jadi lah gue cuma beli buku resep yang bener2 gue suka, dan mostly lg sale. dan sampe sekarang, koleksi resep gue terus nambah. Padahal ya kalo dipikir2, buku2 itu cuma diliat2, dipraktekin jarang. Kalo mau masak, lebih sering google cari resep, atau ga diintip aja gitu buku resepnya, ga pernah dipelototin sampe dihafalin gitu. Sekarang, mama malah kayanya seneng anaknya ada yang hobby masak. Sekarang malah suka ngobrol sharing resep. Mam, kayanya ini lebih enak kalo gini, eh Mam ternyata ya bikin itu tuh gini caranya, atau.. Mam, kenapa kita ga coba kaya gini aja bikin ininya? conversations kaya gitu antara gue dan Mama amat sangat sering terjadi loh. Seneng rasanya🙂

Mungkin di satu sisi, Mama kecewa ya gue memutuskan buat resign dr kerjaan gue dan milih untuk jadi ibu rumah tangga masak di dapur ngurus suami dan sesekali terima pesenan makanan. Tapi setelah dijalani, Mama mulai ngeliat, kalo memang hidup gue akan lebih ceria dan stress free kalo kerja di dapur daripada di depan komputer. Dan akhirnya Mama bilang “kalo emang itu cita-cita kamu, ya go ahead. Mama dukung” Ah senangnyaaaa!!

Now, mama tiap telepon pasti nanya “stok ikan belida masih banyak ga?” Takut anaknya ada pesenan dan stok ikan ga ada. Thank you Mom for letting me being me. I am nothing without your support, I wouldn’t have the skills if it is not because of you and Yukpar *my nanny*.

I will make you proud in other way. It doesn’t have to be me wearing suit, right?

Leave a Reply

