beautiful in its time

Gue salah satu orang percaya bahwa semua hal yang terjadi dalam hidup itu akan indah pada waktunya. Sama dengan cerita untuk persiapan warung gue. Banyak ups and downs, banyak halangan, tapi juga banyak kemudahan. Dan gue merasa semua halangan yang ada di awal itu ujungnya buat kebaikan dan keuntungan gue. Ya itu tadi, semuanya sudah diatur untuk indah pada waktunya.

Ide dan niatan mau buka warung udah ada sejak gue berenti kerja sekitaran bulan Juni, nanya2 sewa space di Bellezza ini udah berkali2. Ketemu marketing disini, dikasih lokasi A harga A, dikasih lokasi B harga B, hampir deal di lokasi B dengan harga B, trus mikir2 lagi, kayanya tempatnya terlalu gede, modalnya pasti gede banget ga akan kuat. Secara ini bener2 pure hasil tabungan gue dan suami, kita juga takut kalo investasinya terlalu besar. Jadinya kita balik lagi ke lokasi A, tapi harganya masih ga cocok. Percaya ga, kita hampir deal di lokasi A dengan harga B dengan marketingnya, eh tau2nya mereka curang loh. 2x ngasih quotation, pas final quoation, harganya turun, tapi luasan areanya naik 5 meter persegi. wah wah, untung suami teliti loh, kalo ga, lumayan banget biaya ekstra untuk sewa dan maintenance fee. Dan bersyukur banget saat mau deal dgn marketingnya, eh dikasih ketemu sama yang punya unit langsung. Akhirnya malah dapet lokasi A dgn luasan 5 meter persegi lebih kecil dan harganya lebih rendah dari quotation awal. Penantian nanya harga sewa dan nentuin lokasi berbulan-bulan berakhir manis kan?😀

Beres sama urusan sewa, lanjut sama urusan design interior dan kontraktor. Ini bikin mumet lagi loh. Design bolak balik, referensi dari mertua banyak, dari temen2 juga banyak, tapi selalu berakhir ga cocok. ada yang lelet, ada yang sombong, ada yang ga profesional. macem2 lah ya. Akhirnya last minute, tetep my very good friend from high school yang ngerjain. Signed rental udah dari tanggal 30 September, untuk sewa efektif di tanggal 1 Desember. Baru deal sama temen gue pertengahan November, eh tau2 awal Desember temen gue yg super canggih ini udah bisa mulai ketok palu bongkar2. dan gue super happy sama result nya. Gapapa deh gue bolak balik ping pong sama bbrp designer dan vendor kontraktor tapi ujung2nya dapet sama temen sendiri yang gue bisa cerewetin, dan hasilnya seperti yang gue mau. Dan untungnya lagi, temen gue ini tau yg gue mau, bela2in survey kesana kemari buat cari ide. Gue yakin betul kalo kontraktornya bukan temen gue, dapet yang udah tua gitu, yang ada gue gigit jari ga bisa sampein keinginan gue karena takut dibilang kurang ajar dan ga sopan, dan ujung2nya gue bakal ga happy dan ngomel sepanjang masa. hihihi. see, penantian yang manis bukan?

Deal buka resto, perjanjian resto uda ditanda tangan, bingung sama design logo. Tadinya mau sama ex temen kantor aja, eh tau2 orangnya leleetttt banget. seminggu ya ci.. ditunggu seminggu, ga ada kabar. 2 minggu, ga ada kabar juga. wah ga niat ini orang. Trus kumpul2 di rumah sepupu, eh sepupu gue yg emang true artist nawarin bantuan. Dengan senang hati diterima.. agak lama memang secara memang dia kerja juga kantoran, tapi begitu design pertama masuk … jeng jenggggg.. gue langsung suka sama designnya, langsung OKEH!! *ga sia2 ya hung kita ngobrol2 di Eng’s tuker pikiran ide.* hasilnya langsung cihuy banget. Design kartu nama, sekali masuk juga langsung OK, begitupun design menu, sekali masuk langsung approved. yay!!! tinggal nunggu design banner dan flyer aja dan cetak cetak deh ..

oiya, ngomongin menu, pasti ada foto makanan kan? Nah ini satu lagi keajaiban buat gue. Udah mikir2 apa mau motret sendiri, apa nanti tunggu pulang ke palembang aja baru motret. eh tau2 dapet email masuk dari temen pas dulu kuliah di Canada.

“ping, kata ivan elo mau buka resto ya? nanti gue yang fotoin yaaaa. ini portfolio food photography gue”

kurang lebih begitu bunyinya. waaaah, mengejutkan. Temen dulu nongkrong bareng, ternyata skrg jadi professional food photographer. itu pun gue taunya dari suami, krn suami yang accidentaly chat sama temen gue itu di Facebook. padahal biasa jarang2 loh suami online di Facebook. sesi potret seharian aja tanggal 22 november, dan langsung beres hari itu juga. Hasilnya, amat sangat memuaskan. Sesi motret ini heboh sekali loh… Victor bawa peralatan kaya mau perang, kaya mau motret model, padahal cuma makanan yang dipotret. Satu mobil box isinya lampu, dan props makanan. That just shows he is a pro. Salute to him. Disuruh bawa benz bisa, tapi disaat kerja, dia pun bisa nyetir mobil box. Waktu gue nongkrongin dia di parkiran, kaget gue ngeliat dia turun dr mobil box … “tor, itu power streering ga mobilnya?” dia geleng2 dan ngakak. hahaha. so funny. Buat yang mau motret, my friend is highly recommended loh guys. Studionya ada di Serpong, VC-Art Photography. Kalo mau detailnya, bole contact gue langsung ya.. tapi dijamin hasilnya amat sangat memuaskan. Beberapa fotonya malah udah nangkring di menu2 restoran atau cafe terkenal di Indonesia. dijamin tidak diragukan.

Begitu lah kira2 progress dari warung gue. So far untuk renovasi udah 50% lah ya. Tinggal cat tembok, pasang keramik dapur, kitchen set, dan meja kursi. Seneng, tapi juga cape.. tapi dengan segala kemudahan dan kesulitan yang gue lewatin selama persiapan, it definitely gives me strength to work harder. dan juga dengan banyaknya biaya tak terduga di luar budget, bikin gue sukses susah tidur juga. haha. O well, memang begitu kali yah kalo orang mau running business?

but so far, gue masih enjoy dengan hari2 seperti ini. Terima orderan pempek dan makanan palembang lainnya. Capek emang, tapi selalu happy dengerin feedback yang bagus dari customers.

Sekarang tinggal dilemma nentuin hari buka warungnya. Januari apa Maret? velum tau secara ada acara keluarga yang harus guess hadiri di bulan februari di luar Indonesia dan gue ga bisa minim nanny gue buat gentian gue masak. whenever it is, I believe its the most beautiful time set for me to open up the kiosk😀

2 thoughts on “beautiful in its time

  1. Theresia says:

    Bs order pempek palembang ya? Anw, its nice to read ur story. I have a same dream as yours. Since i was in elementary school, i want to owned my own restaurant, im still waiting for a chance to make it true someday.🙂

    • ksari says:

      Hi Theresia,

      sorry baru sempet bales dan baca comment nya🙂
      thanks for reading my blog.. i believe your dream will also come true just like mine as long as there’s a strong will to realize it😉

Leave a Reply

