kecil-kecil si cabe rawit

gambar diambil dari google(dot)com

Yang kenal baik sama gue, pasti tau deh kalo gue itu pecinta makanan yang pedes2. Kalo ke restoran makanan Cina, pasti minta cabe rawit potong & kecap asin, dan cabe rawitnya gue gadoin. Kalo ke restoran makanan Sunda, pasti milihnya yang paling pedes, kalo ke tempat penyet2an, pasti milihnya yang super pedes. Kalo makan bakmi, sambelnya bisa 1/3 toples sendiri buat gue, kalo makan bakso sambelnya minimal 5 sendok makanšŸ˜› Kalo pesen gado2/ketoprak, anak2 Kedai ataupun OB jaman dulu kerja uda hafal, gw minta rawitnya 10 atau 12. hehe. Kalo masak sendiri oseng2 sayuran, pasti rawitnya segambrengšŸ˜€ Bener2 ga kebayang kalo ga ada cabe rawit itu raib ga ada di dunia. Satu2nya bumbu masak yang gue ga pernah (ato pura2) ga ngeh harganya naik, ya mungkin si cabe rawit juga. Kalo harga ayam kampung ato daging naik di supermarket, pasti gue notice deh. haha. Suami pun pernah ngusulin kalo gue baiknya usaha bikin perkebunan rawit aja. LOL

Kenapa gue tiba2 iseng cerita soal si cabe ini.. soalnya gue lg bosen nungguin mobil dibenerin di bengkel, dan inget cerita semalem makan Soto Ayam di Foodhall.

Me: Mas, saya mau soto ayam satu ya, dikasih rawit dipotong2, rawitnya 10 ya, Mas..10 biji ya bukan potong
Koki: *muka bingung* –ini masnya beda nih, kalo yg biasa masakin gw sop buntutnya udah hafal sm gw hehe
–ga lama makanan dateng, gw icip msh blm cukup pedes, gw balik ke counter–
Me: Mas, sambel sotonya ga ada ya? kurang pedes nih.. *ngomong ke yang masak*
Koki: masih ga pedes bu? Masya Allah ..

itu masnya beneran kaget gitu, trus ngomong Masya Allah -nya sambil noleh ke temen2nya -.-” Perasaan msh ada lbh extreme dr gue deh kalo urusan makan pedes. Ga usah jauh2, Mama!! haha. Beneran, mama sih ekstrim sekali level makan cabenya. Kalo di Palembang mau beli gado2, dia bawa rawit sendiri saking sungkan sama masnya. Rawit di palembang sih kecil2, jadi kalo order gado2 gitu “Rawitnya 50 Mas” dan makanya dia bawa sendiri, karena takut tukang gado2nya tekor. LOL

Kalo di indo, cabe terpedes itu jenisnya rawit merah ya? Kalo dulu jaman kuliah di Canada, rawit kan susah dicari, harus ke Asian market gitu, nah tapi ada satu jenis cabe yang pedesnya naujubilah dah.. Namanya Habanero. Penampakannya kaya mirip paprika, tapi lebih kecil.

gambar dari google(dot)com

Kalo masak oseng labu siam ato sayur laen, cukup pake satu aja, rasanya uda kaya pake 15 cabe rawit kali. Pernah sekali gue iseng, masak oseng labu siam, pake 2 buah cabe habanero ini, ya ampun pedesnyaaaa. Gue aja nyerah! sampe ke ubun2 rasanya. haha. Nah kebetulan sepupu gue tuh suka banget sama oseng labu, dan malem itu dia msh belom pulang dari kampus, pas dia pulang gw kasih tau..

“Neng, hari ini tumis labunya enaaakkk banget”.

Jadilah dia ambil nasi dan labunya sebanyak2nya. Begitu dia makan satu suap, langsung megap2 kepedesan dan ngedumel2. hahaha! Jadi kangen masa2 kuliah disana, masa2 suka eksperimen masakan trus yang makannya lahap semuašŸ˜€ Oiya, satu lagi jenis masakan yang enak banget pake habanero ini, Babat Gongso. Enak bgt! tapi skrg udah lupa resepnya.. dan udah lost contact pula sm temen yg pernah share resepnya. jadi kebayang-bayang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s