from one bazaar to another

Hello!!

mau cerita dikit soal “new (somewhat) addiction”, yaitu keranjingan ikut bazaar. hihi. Sebenernya ide awal ikut-ikutan bazaar itu udah dari sejak buka Kedai, dgn tujuan tak lain dan tak bukan adalah PROMOSI. Iya lah, untung level pemula dan minim relasi media, pasti susah buat ngenalin produk yang gue jual. Tapi buat tembus dapet stan di bazaar itu ternyata gak gampang, sodara-sodara! Bbrp kali nelp EO, selalu sudah kecolongan sampe akhirnya dapet kesempatan ikut di tanggal 25-28 September di Plaza Bapindo.

Banyak pengalaman ikut bazaar, dari yang plus sampe yg minus ya. Pelajaran baru, bayar extra sama dengan bayar uang sekolah🙂 Yang gue maksud bayar uang sekolah tuh, pertama gue bayar bazaar, gue diminta bayar extra 500rb untuk bayar extra listrik karena gue pake penggorengan listrik krn bawa tabung gas itu ga boleh dipake. secara gue tipe orang yg (dlm hal tertentu) pasti ngikutin aturan main, gue pun bayar dan semua LUNAS di muka sebelum bazaar dimulai seperti ketentuan yang ada di kontrak. Nah, pelajaran yang gw bayar adalah.. ternyata, gak ada satu stan pun yang bayar extra 500rb itu walaupun mrk juga pake penggorengan listrik yang sama kaya gue tarikan daya listriknya, dan harga sewa stan pun sama.. plussss mrk pun baru bayar lunasnya pas hari terakhir bazaar. Ok deh, lesson learned, next bazaar, gak mau bayar listrik. Hasil dari bayar sewa, dan bayar listrik, plus EO yang GAK OK karena ga ada promosi, bazaar minggu pertama gue minus, gak even balik modal.

Kapok kah gue? ENGGA donk! msih penasaran, apalagi gue udah deposit untuk minggu berikutnya di tanggal 2-5 Oktober. Suami sih udah stengah keberatan gue ngikut bazaar lagi, maunya udah dihangusin aja uang depositnya secara pengalaman minggu lalunya rugi, dan gue tiap hari extra cape bangun lebih pagi dan harus anter jemput karyawan di Bapindo. tp gue gak rela soalnya penasaran banget. Minggu kedua, gue GAK bayar listrik, bawa kompor portable, modal tabung gas portable yang harga per tabung 10rb aja, sehari max pake 1,5 tabung. hasilnya, sales minggu kedua OK. gak profit gede, tapi ada hasilnya🙂

Positifnya, gue jadi nambah banyak temen.. sharing pengalaman banyak sama sesama peserta bazaar. Banyak loh yang gak punya toko/restoran dan hidup dari bazaar2, bahkan ada om tante suami istri yang udah ikutan bazaar lbh dr 10 tahun dan selalu jualan donat. salut deh sama om sm tante itu.

Next nya, gue ambil event yg lebih gede, INA CULINARY 2012, di parkir timur senayan 19-21 Oktober. Tapi boleh dibilang ini acara ngaco, terlalu banyak janji, dan semua gak ditepatin, yang akhirnya banyak peserta kecewa. Contoh janji2nya:
1. dijanjiin crowd 50rb (nyatanya, gue rasa ga sampe 1/5 dari itu yang dateng),
2. dijanjiin stan ukuran 3x3m,nyatanya cuma 2.5×2.5m, gue baru ngeh dr stan lain yg complain minta refund
3. bakal dikasih buku ttg INA culinary beserta profil peserta, nyatanya sampe hari ini pun ga dapet tuh😀

bukan sombong bukan congkak, untungnya stan gue selama INA Culinary itu termasuk rame. Gue tadinya cuma expect balik modal sewa stan dan bahan, ternyata masih dpt profit dan bisa bagi2 rejeki extra ke karyawan2 gue walaupun kita jual dgn harga promosi jauh di bawah harga jual di kedai. Bersyukur banyak yang suka, banyak yg ngambil brosur dan kartu nama kita, karena emang itu tujuan awalnya, yaitu buat promosi. Yang paling mengesankan, waktu Chef Vindex lewat dan mau mampir, bahkan ada bawa pulang loh🙂 yang ga tau chef Vindex artinya ga pernah nonton masterchef Indonesia. hehe.

What’s next? Gue mau nyobain EO lain untuk bazaar di Bapindo tanggal 6-9 november ini. Sepertinya jauh lebih baik dari bazaar bapindo akhir september & awal oktober kemarin. EO yang kali ini terlihat lebih rapi dan profesional cara kerjanya. Semoga perkiraan gue bener. Kalo bagus, gue ikutan lagi deh yang akhir November dgn EO ini, dgn catatan bazaar di SME Tower gak jadi. Kemarin pas di INA Culinary ada bapak2 dari kementrian UKM nawarin untuk bazaar disana, hihi.

foto2 bazaar bapindo maupun Ina Culinary, bisa diliat disini ya:
http://www.facebook.com/media/set/?set=a.10100618660362051.2740137.58012232&type=3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s