be careful when and where you park

Hello!
Udah lama ga nulis di blog ini. Terlalu sibuk dan terlalu males buat nulis.. lebih milih istirahat kalo pas ada waktu luang. Tapi tangan dan hati ga tahan buat ga share pengalaman buruk yang mungkin bisa jadi pelajaran buat temen-temen supaya lebih hati2.

Jadi, seperti yang temen-temen tau kalo gw dapet kesempatan buat bisa jadi tenant dari Eat & Eat, salah satu food court yg termasuk bergengsi di Indonesia ini dan gw dapetnya untuk di daerah Bekasi. Cerita awal muasal bisa masuknya, nanti diceritain lain kali ya🙂

Ceritanya pembukaan Eat & Eat ini tanggal 12 Juli 2013 kemarin, itu adalah hari soft opening mall dimana Eat & Eat sebagai salah satu tenan terbesar juga berkomitmen untuk buka di tanggal tersebut. Kejadian buruknya kejadian keesokan harinya di tanggal 13 Juli 2013 dimana mobil kami yang saat itu parkir di gedung parkir di lantai P7. Gw emang biasa parkir di lantai itu karena ada pintu akses langsung ke E&E, jadinya bakal lebih gampang buat karyawan masukin barang ke counter.

Tiba di mall kurang lebih pukul 8:30 pagi, gedung parkir dlm keadaan kosong dan sepi dan tetep penuh dgn tukang bangunan karena memang kondisi mall belum jadi 100%. Kurang lebih jam 10:40 gw dan suami keluar dari mall ini untuk belanja keperluan counter yang masih kurang dan makan siang dan sekitar jam 1 siang kami kembali ke mall dan seperti biasa, kebiasaan gw maupun suami, begitu masuk mobil dan menyalakan mesin.. hal pertama yang dilakukan adalah mengunci pintu mobil dengan central lock, dan saat itu masih berfungsi.

Jam 2 siang, ketika gw dan suami berniat untuk pulang ke Jakarta, gw minta karyawan2 gw buat nurunin tas ransel isi baju mereka karena rencananya mrk akan gw tempatin di Bekasi buat sementara. Tiba2 karyawan gw lari tergopoh2 nyamperin gw di counter & menanyakan apa gw ada nurunin tas mrk dr mobil karena tas mrk ga ada. Gw pun kaget, dan masih minta mrk untuk periksa kembali isi mobil, mungkin tas terselip *yang sebenernya ga mungkin bgt ya tas ransel bisa keselip*

Gw ikutan nyusul ke mobil, dan ternyata ketauan kalo mobil kami bagian depan kunci mobil sudah dicongkel. Intinya mobil kami dijebol dan barang2 karyawan raib. Luckily, laptop gw yang gw tinggal di bagian karpet mobil kursi depan msh ada, yang kalo ilang bisa nangis bombay karena semua data penjualan dan expense ada di laptop ini.

Kejadian yang bikin kami sebagai tenan maupun pengunjung mall ini adalah perlakuan dari pihak managemen gedung. Saat kejadian, hal pertama yang gw lakuin adalah menghubungi Operasional Manager E&E, karena gw sendiri bernaung di bawah management E&E, kemudian dr E&E diteruskan untuk mencari security. Karena hari itu di parkiran TIDAK ADA satupun security maupun penjaga parkir di lantai tmpt kami parkir mobil.

Kekecewaan kami di hari pertama:
1. Gw menanyakan ke pihak security apa pertanggungjawaban mereka thd karyawan gw yang kehilangan KTPnya. Apa mrk bersedia mengeluarkan surat keterangan sehingga karyawan kami bisa membuat surat kehilangan di polres setempat. Pihak security tidak bersedia mengeluarkan surat, dan hanya menjawab pertanyaan saya dengan “Kami mohon maaf bu, kami kan mall baru”
Akhirnya, setelah kami paksa kemudian pihak security bersedia menemani suami & karyawan untuk ke polres terdekat.

2. Untuk kerusakan central lock mobil, dari pihak asuransi meminta surat keterangan kejadian dari pihak gedung. Hari itu saya duduk hampir 3 jam di kantor managemen gedung untuk selembar surat dan hasilnya NIHIL, surat tidak dikeluarkan dengan alasan stempel cap perusahaan security tidak tersedia. Mereka menjanjikan untuk menyerahkan surat keesokan harinya, Minggu tanggal 14 Juli pukul 1 siang.

Sampai kami pulang ke Jakarta, kami tidak menuntut apapun ke pihak gedung, permintaan kami cuma satu, surat keterangan kejadian supaya kami bisa claim ke asuransi. Kerugian material berupa pakaian, uang karyawan, langsung gw ganti ke karyawan begitu gw ketemu ATM karena saat itu ga bawa banyak cash.

Kekecewaan di hari kedua:
1. Mobil sudah dibawa ke bengkel Honda yang buka dan mrk tidak bisa mengerjakan karena spare part tidak ada. Jadinya gw ga bisa kembali ke Bekasi karena kondisi mobil yg tidak bisa terkunci. Jadinya gw minta tolong salah satu team di kantor gw dulu untuk ambil surat di Bekasi.

2. Sekitar jam 4an, orang gw ke kantor management dan surat blm ada, padahal mrk menjanjikan jam 1 siang, dan itu ngambilnya udah molor 3 jam dan surat msh belum ada.

3. Gw contact GM mall untuk di follow up

4. Jam 5:16 sore, ada yang telp gw dan mengaku sebagai Direktur mall bernama Taufik dan anehnya Direktur tersebut telp gw dan marah2.

Kronologisnya,
Bpk Taufik menelepon menanyakan kenapa gw harus minta surat ke gedung, bukan ke kantor polisi. Gw jelaskan kalo dari pihak asuransi hanya meminta surat dr mall, kalau nantinya dr mall tidak bisa claim, baru minta ke Polres. Pada saat menjelaskan ini, Bpk Direktur itu bentak2 gw dengan kata2 kurang lebih .. “Ibu diam, Ibu dengarkan saya ngomong”

Bpk direktur itu memaksa gw untuk melapor ke Polres bukan minta surat ke gedung, dan menantang gw buat nulis hal ini ke media. Dan Direktur tsb juga ngmg ke gw dengan kata2 yang kalo menurut gw sih ga pantes yah keluar dari mulut seorang Direktur. Hal-hal yang keluar dr mulut sang Direktur..

“… saya sangsi kejadiannya di parkiran gedung mall ini. kalo memang di mall ini, kenapa laptop ibu ga sekalian diambil sama yang nyuri?…” Oh HELLO? gw sendiri jg sama kaget dan BERSYUKUR sekali laptop gw ga diambil, dan malah bpk itu ngmg seperti itu?

“… saya juga punya mobil bu. central lock bisa aja udah rusak dari sebelumnya. mau claim asuransi jg surat polisi cukup. ngapain minta ke mall..” Bapak punya mobil? Bapak tau yang namanya central lock?? waktu saya masuk ke mall, kondisi mobil masih bisa dikunci loh pak, dan pada saat saya mau pulang kunci sudah dlm keadaan rusak dan mobil sudah tidak bisa di central lock. Bapak ngerti kan maksud saya? … kemudian bpk tersebut diam.

“… saya ini Direktur disini, masa saya sampe harus ngurus hal sekecil ini…”

Nah itu dia Bapak.. pertanyaannya, saya ini dulu pernah kerja membawahi security pak.. saya tau kalo orang kerjaan ga becus. saya duduk 3 jam buat selembar kertas aja udah nunjukkin emg service dr pihak bapak ga bagus kok. Kalo memang ga bisa, kenapa harus menjanjikan saya buat ngambil suratnya hari ini? Jangan kira saya ini mau minta ganti rugi sama mall. Bapak bole cek sama siapapun bawahan bapak yang kemarin ketemu sama saya.. apa saya ada minta ganti rugi? Apa saya nuntut untuk uang dan pakaian karyawan saya diganti? TIDAK SAMA SEKALI loh pak.. semua kerugian material karyawan saya, saya yang ganti. Begitupun kerusakan mobil saya, saya tidak minta ganti rugi dengan gedung, saya hanya minta bantuan untuk dikeluarkan surat supaya saya bisa claim asuransi. dan saya cuma mau tau kok seberapa serius pihak gedung menanggapi kasus seperti ini. Asal bapak tau, saya dulu selalu sangsi dengan reputasi Bekasi yang tidak aman dan lain2, dan ternyata memang terbukti dengan ga ada keamanan dr gedung Bapak. Sampai2 saudara saya pun ga ada yang berani dateng dgn kejadian ini.

Setelah gw jelasin panjang lebar kalo gw ga ada niat nuntut materi, baru Bapak ini melunak dan minta maaf berkali-kali. Jadi kalo mau ngomong kasarnya, Bapak ini menyangka gw ini mau memanfaatkan situasi.

Seandainya rekaman pembicaraan ini bisa dikeluarkan oleh pihak Telkomsel, dan untuk didengerkan ke jajaran direksi pihak Mall, gw rasa pemegang saham maupun Presdir mall ini akan malu sekali memilih seorang Direktur dengan mental seperti itu.

Bener-bener kaya kata pepatah.. sudah jatuh, tertimpa tangga.
Sudah rugi materi, eh masih ujung2nya diperlakukan tidak baik oleh pihak gedung. Gw masih menunggu follow up dari owner Eat & Eat yang akan meneruskan informasi kelakuan salah satu direktur mall ini ke Direksinya.

Moral of the story:
Be smart, friends! My husband was quite smart. Dia langsung minta surat keterangan ke polisi pada saat melapor kehilangan ktp karyawan gw tanpa sepengetahuan gw.

Don’t leave anything inside your car.

Choose parking floor that has security or parking guy, though it’s not a guarantee that your car will be safe, but at least there’s someone around.

Leave a Reply

